Apresiasi Astra Untuk Indonesia Cerdas 2017

Jakarta - Setelah sukses menggelar acara di Jakarta dan Yogyakarta, PT Astra International Tbk menyambangi Kota Pelabuhan Balikpapan untuk meneruskan rantai roadshow perayaan HUT ke-60 Astra. Diadakan selama 3 hari mulai dari tanggal 19-21 Mei 2017, pelaksanaan HUT ke-60 di Balikpapan juga sekaligus menjadi ajang perayaan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2017. Oleh karena itu, selain berbagi inspirasi mengenai berbagai kegiatan CSR Astra, Ibukota Kalimantan Timur juga akan menjadi pusat berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pilar pendidikan Astra, Astra Untuk Indonesia Cerdas. “Kami ucapkan terima kasih kepada Astra karena merayakan HUT di Balikpapan. Tema pendidikan pada hari ini sangat sesuai dengan fokus Balikpapan saat ini yakni mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Terima kasih juga dengan adanya program Kampung Berseri Astra Karang Joang dan peresmian Rumah Pintar yang memberikan inspirasi bagi masyarakat Balikpapan,” ujar Walikota Balikpapan H. M. Rizal Effendi, SE saat membuka Festival Pendidikan di Hotel Platinum Balikpapan. Koordinator Wilayah Group Astra Balikpapan Waharna Sumitra mengatakan Rumah Pintar Astra ini merupakan program Astra Group bertajuk Astra Cerdas bagian rangkaian HUT ke 60 Astra. Dengan peresmian rumah pintar ini diharapkan menjadi sentra pendidikan dan menjadi inspirasi bagi pelajar dan masyarakat di sekitar kawasan tersebut. Peresmian ini dilaksanakan di Km 15 Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kalimantan Timur, Jumat (19/5/2017). pukul 10.30 Wita. “Kami melakukan survey ternyata di kawasan Karang Joang minat baca cukup tinggi, hanya saja anak-anak disana belum mendapatkan fasilitas yang lengkap dan masih menumpang belajar di balai desa setempat” Ujar Waharna Sumitra. Rumah Pintar Astra Balikpapan menjadi Rumah Pintar ke-21 yang akan dibina oleh Astra. Sampai dengan tahun 2016, Astra telah memberikan beasiswa dan pelatihan kepada 3.045 orang siswa dan 1.088 orang guru. Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dr. James Modouw, M. MT juga mengungkapkan dukungannya terhadap Festival Pendidikan yang diadakan Astra. “Kami berharap semakin banyak perusahaan peduli terhadap pendidikan anak bangsa dan ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan bangsa”. Beliau meyakini tidak ada anak yang bodoh di dunia ini. Melainkan, guru yang harus mengajar mereka dengan metoda yang benar. Guru bisa mentransformasi pendidikan Indonesia dengan hal sederhana seperti belajar berhitung. “Misal, anak saya, setelah saya ajar berhitung selama 4 bulan, matematikanya bagus, tak lama kemudian IPA-nya pun bagus, baru setelah itu saya ajari bahasa dan IPS. Dia pun berhasil mempelajari materi untuk 6 tahun selama 1 tahun saja,” ujarnya. Selain meresmikan Rumah Pintar, Astra juga memberikan apresiasi Astra Untuk Indonesia Cerdas (AUIC) kepada 7 tim yang merupakan pemenang utama dari masing-masing kategori lomba AUIC yang terdiri dari :
  1. Apresiasi Senyum Sahabat PAUD Astra: PAUD Melati Kerawang Jakarta Barat, binaan PT Astra Daihatsu Motor.
  2. Apresiasi Rumah Pintar Astra: Rumpin Astra Barengkok Jawa Barat, binaan Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim
  3. Apresiasi Rumah Pintar Swadaya Masyarakat: Rumpin Tunas Harapan, Kab. Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan
  4. Lomba Inovasi Karya Guru Tingkat SD: Wawan Setiawan, SDS AAL, binaan Yayasan Astra Agro Lestari
  5. Lomba Inovasi Karya Guru Tingkat SMP: Yoppi Wiranat, SMPN 3 Kapuas Tengah, binaan PT Kalimantan Prima Persada
  6. Lomba Inovasi Karya Guru Tingkat SMA & SMK: I Made Kertayasa, SMP PGRI 2 Badung, binaan PT Astra International Tbk – Honda Sales Operation dan Astra Honda Motor
  7. Lomba Inovasi SMK BISA: SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, binaan PT Astra Daihatsu Motor
  Penghargaan yang diterima oleh Ketua Tim Penggerak PKK Hulu Sungai Utara (HSU)  selaku Bunda PAUD HSU Dra. Hj. Anisah Rayidah Wahid, M.AP, digelar dalam rangka HUT PT Astra Internasional yang ke-60 dengan tema “Apresiasi Astra untuk Indonesia Cerdas 2017”. Hj. Anisah Rasyidah selaku Ketua TP PKK HSU mengaku sangat bangga atas keberhasilan Rumah Pintar Tunas Harapan meraih pengharagaan pemenang utama dalam Apresiasi Astra untuk Indonesia Cerdas 2017 tersebut. “Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT atas prestasi yang diraih.  Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, dari Pemkab, SOPD, pengurus, para tutor serta seluruh masyarakat Hulu Sungai Utara”, ujar Anisah.  Anisah juga mengucapkan terima kasih atas kebersamaan, kekompakan dan kerja keras dari pengurus, para tutor dan dukungan dari Dinas Pendidikan HSU. Di kesempatan lain, Ketua Rumah Pintar Tunas Harapan Hj. Lailatanur Raudah mengatakan bahwa sesuai dengan namanya, rumah pintar ini didirikan dengan tujuan agar generasi mendatang bisa meneruskan pembangunan di daerahnya. Saat ini terdapat 5 (lima) sentra di rumah pintar, diantaranya  adalah sentra bermain dan permainan, sentra komputer, sentra panggung / audio visual, sentra buku dan sentra kriya. Kelima sentra itu bisa dimanfaatkan oleh anak-anak dari 2 (dua) tahun hingga orang dewasa dan masyarakat umum. “Untuk kegiatan lainnya adalah pendidikan berkelanjutan dengan materi keterampilan untuk perempuan dengan memanfaatkan bahan lokal, membuat kue, kerupuk dan lainnya.  Selain itu dilaksanakan juga kerjasama dengan beberapa SOPD dalam menggelar kegiatan story telling, lomba bercerita, mewarna dan menggambar,” lanjut Laila. Kategori Apresiasi Rumah Pintar Binaan Astra tahun ini diberikan kepada Rumpin Astra Barengkok Jawa Barat, binaan Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *